Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Indofarma (Persero) Tbk

Bertempat di Ballroom A – Hotel Intercontinental Mid Plaza Jakarta, Selasa, 15 Mei 2012, telah diselenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Indofarma (Persero) Tbk. Rapat dihadiri dan diwakili oleh sebanyak 2.541.540.000 saham atau mewakili 82,005% dari 3.099.267.500 saham yang merupakan jumlah seluruh saham dengan hak suara yang telah dikeluarkan oleh Perseroan.

Agenda Pertama dan Kedua

  1. Menyetujui Laporan Tahunan Perseroan Tahun Buku 2011 dan mengesahkan Laporan        Keuangan Perseroan (Konsolidasian) Tahun Buku 2011 sebagaimana pokok-pokok            disampaikan oleh Direksi mengenai keadaan dan jalannya Perseroan Tahun Buku 2011, yang telah diaudit oleh Kantor Akuntan Publik Husni, Mucharam & Rasidi sesuai dengan laporannya Nomor : LAI/GA/12020, tanggal 26 April 2012 dengan pendapat “wajar dalam semua hal yang material”.
  2. Menyetujui Laporan Kegiatan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan Tahun Buku 2011 dan mengesahkan Laporan Keuangan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan Tahun Buku 2011 yang telah diaudit oleh Kantor Akuntan Publik Husni, Mucharam & Rasidi sesuai dengan laporannya Nomor: LAI/PKBL/GA/12013 tanggal 23 April 2012 dengan pendapat ”wajar tanpa pengecualian”.
  3. Selanjutnya dengan disetujuinya Laporan Tahunan Perseroan Tahun Buku 2011 dan Laporan Kegiatan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan Tahun Buku 2011 serta disahkannya Laporan Keuangan Perseroan Tahun Buku 2011 dan Laporan Keuangan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan Tahun Buku 2011, maka Rapat memberikan pelunasan dan pembebasan tanggung jawab sepenuhnya (volledig acquit et decharge) kepada para anggota Direksi atas tindakan pengurusan Perseroan dan anggota Dewan Komisaris atas tindakan pengawasan Perseroan yang telah dijalankan selama Tahun Buku 2011, sepanjang tindakan tersebut tercermin dalam Laporan Tahunan dan Laporan Keuangan Perseroan Tahun Buku 2011 serta Laporan Kegiatan dan Keuangan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan Tahun Buku 2011 dan tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan.

Agenda ketiga:

Menyetujui penggunaan Laba Bersih Perseroan untuk Tahun Buku 2011 sebesar Rp. 36.919.316.551,- (tiga puluh enam milyar sembilan ratus sembilan belas juta tiga ratus enam belas ribu lima ratus lima puluh satu rupiah) diperuntukkan sebagai berikut :

  1. Dividen Tunai sebesar 0% (nol persen).
  2. Laba Ditahan sebesar 96% (Sembilan puluh enam persen) dari laba bersih atau sejumlah Rp. 35.442.543.889,- (tiga puluh lima milyar empat ratus empat puluh dua juta lima ratus empat puluh tiga ribu delapan ratus delapan puluh sembilan rupiah).
  3. Alokasi Dana Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) sebesar 4% (empat persen) dari laba bersih Tahun Buku 2011 atau sejumlah Rp. 1.476.772.662,- (satu milyar empat ratus tujuh puluh enam juta tujuh ratus tujuh puluh dua enam ratus enam puluh dua rupiah), dengan rincian sebagai berikut :
  • Program Kemitraan sebesar 2% (dua persen) dari laba bersih atau sebesar Rp. 738.386.331,- (tujuh ratus tiga puluh delapan juta tiga ratus delapan puluh enam ribu tiga ratus tiga puluh satu rupiah); dan
  • Program Bina Lingkungan sebesar 2% (sembilan puluh enam persen) dari laba bersih atau sebesar Rp. 738.386.331,- (tujuh ratus tiga puluh delapan juta tiga ratus delapan puluh enam ribu tiga ratus tiga puluh satu rupiah).

Agenda Keempat:

  1. Menetapkan Gaji anggota Direksi dan honorarium anggota Dewan Komisaris beserta tunjangan dan fasilitasnya untuk Tahun Buku 2012 sama dengan gaji/honorarium Tahun Buku 2011.
  2. Menyetujui Total Tantiem bagi Direksi dan Dewan Komisaris untuk tahun buku 2011 sebesar Rp. 924.000.000,- (sembilan ratus dua puluh empat juta rupiah) atau setara dengan 2,5% (dua koma lima persen) dari Laba Bersih, dengan ketentuan :
  • Komposisi Tantiem bagi Direktur Utama, Direktur, Komisaris Utama dan Komisaris sama dengan rumusan komposisi gaji/honorarium pada tahun buku 2011.
  • Pajak atas Tantiem menjadi beban yang bersangkutan.

Agenda Kelima:

Menyetujui dan melimpahkan wewenang kepada Dewan Komisaris untuk :

  1. Menunjuk Kantor Akuntan Publik untuk melaksanakan Audit Tahun Buku 2012 yang mencakup audit Laporan Keuangan Konsolidasi Perseroan untuk Tahun Buku 2012.
  2. Menunjuk Kantor Akuntan Publik untuk mengaudit penggunaan Dana Program Kemitraan dan Bina Lingkungan Tahun Buku 2012.
  3. Menetapkan besaran imbalan jasa audit dan persyaratan penunjukan lainnya yang wajar bagi Kantor Akuntan Publik tersebut.
  4. Menunjuk Kantor Akuntan Publik Pengganti dan menetapkan kondisi dan persyaratan penunjukannya, jika Akuntan Publik yang telah ditunjuk tersebut tidak dapat melaksanakan atau melanjutkan tugasnya karena sebab apapun, termasuk tidak tercapai kata sepakat mengenai besaran imbalan jasa audit.

Agenda Keenam.

  1. Menyetujui perubahan beberapa ketentuan Anggaran Dasar Perseroan, yaitu :  (a) Pasal 18 ayat 2 tentang wewenang dan kewajiban Direksi dalam pelaksanaan tugasnya. (b) Pasal 18 ayat 8 tentang perbuatan Direksi yang harus mendapatkan persetujuan tertulis Dewan Komisaris. (c) Pasal 23 tentang Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan.
  2. Menyisipkan ketentuan mengenai Rencana Kerja dan Anggaran serta pelaporan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan.
  3. Perubahan dan penyisipan dari keseluruhan Pasal-Pasal tersebut adalah sesuai dengan Matriks Perubahan Anggaran Dasar yang telah dibagikan kepada para Pemegang Saham Perseroan.
  4. Pemberian kuasa kepada Direksi Perseroan dengan dengan hak substitusi untuk menyatakan kembali keputusan dari Rapat ini berkenaan dengan perubahan ketentuan Anggaran Dasar Perseroan dalam akta Notaris, dan selanjutnya melaporkan kepada Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, mendaftarkan dalam Daftar Perusahaan serta mengumumkan dalam Berita Negara Republik Indonesia sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Agenda Ketujuh

1.   Memberhentikan dengan hormat nama-nama tersebut di bawah ini sebagai anggota Dewan Komisaris Perseroan :
a. Sdr. Azrul Azwar -  sebagai Komisaris Utama/Komisaris Independen
b. Sdr. Chalik Masulili – sebagai Komisaris
c. Sdr. Mochmad Ichsani – sebagai Komisaris.
d. Sdr. Nizar Yamani – sebagai Komisaris Independen
Dengan ucapan terima kasih atas pengabdiannya selama memangku jabatannya tersebut.

2. Mengangkat nama-nama tersebut di bawah ini sebagai anggota Dewan Komisaris Perseroan :
a. Sdr. Supriyantoro  -  sebagai Komisaris Utama
b. Sdr. Dumoly Freddy Pardede  - sebagai Komisaris Independen
c. Sdr. Kustantinah  - sebagai Komisarisa

3. Sehubungan dengan hal tersebut diatas, maka susunan Dewan Komisaris Perseroan menjadi sebagai berikut :
a. Sdr. Supriyantoro  - sebagai Komisaris Utama
b. Sdr. Dumoly Freddy Pardede  - sebagai Komisaris
c. Sdr. Marzuki Abdullah – sebagai Komisaris Independen
d. Sdr. Kustantinah  - sebagai Komisaris Independen

Pemberhentian dan pengangkatan anggota Dewan Komisaris dimaksud berlakui sejak ditutupnya Rapat tersebut.

Bookmark the permalink.

Comments are closed.