RUPS Tahunan INDOFARMA – Tahun Buku 2012

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Indofarma (Persero) Tbk tahun buku 2012 telah berlangsung di Intercontinental Hotel Mid Plaza Jakarta pada 11 April 2013. RUPST dihadiri Direksi, Komisaris, wakil pemegang saham mayoritas, pemegang saham minoritas, serta lembaga profesi penunjang.

Dalam RUPST tersebut  dihasilkan keputusan-keputusan sebagai berikut :

Agenda I dan 2 :

  1. Menyetujui Laporan Tahunan Perseroan tahun buku 2012 dan Mengesahkan  Laporan Keuangan Perseroan (Konsolidasi)  Tahun Buku 2012 sebagaimana pokok-pokok disampaikan Direksi   mengenai keadaan dan jalannya Perseroan Tahun Buku 2012 yang telah diaudit oleh Kantor Akuntan Publik Hendrawinata, Eddy dan Sidharta sesuai deangan laporannya nomor 18/02/ISS/I/13 tanggal 28 Februari 2013 dengan pendapat “wajar  dalam semua hal yang material”
  2. Menyetujui Laporan Kegiatan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL)  untuk Tahun Buku 2012 dan mengesahkan Laporan Keuangan Program Kemitraan  dan Bina Lingkungan (PKBL) untuk Tahun Buku 2012 yang telah diaudit oleh Kantor Akuntan Publik Hendrawinata, Eddy dan Sidharta sesuai dengan laporannya nomor 042/02/ISS/I/13 tanggal 28 Februari 2013 dengan pendapat “wajar  dalam semua hal yang material”
  3. Selanjutnya dengan disetujuinya Laporan Tahunan Perseroan tahun buku 2012 serta disahkannya  Laporan Keuangan Perseroan (Konsolidasi)  Tahun Buku 2012 dan disetujuinya Laporan Kegiatan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL)  untuk Tahun Buku 2012 dan disahkannya Laporan Keuangan Program Kemitraan  dan Bina Lingkungan (PKBL) untuk Tahun Buku 2012 maka Rapat memberikan pelunasan dan pembebasan tanggungjawab sepenuhnya kapada para anggota Direksi atas tindakan pengurusan Perseroan dan anggota dewan Komisaris atas tindakan pengawasan Perseroan yang telah dijalankan selama tahun buku 2012 sepanjang   tindakan tersebut tercermin dalam Lapora Tahunan dan Laporan Keuangan Perseroan tahun buku 2012 serta Laporan Kegiatan dan Keuangan Program Kemitraan  dan Bina Lingkungan (PKBL) Tahun Buku 2012 dan tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan.

Agenda 3 :

Menyetujui dan menetapkan penggunaan laba bersih Perseroan tahun buku 2012 sebesar Rp. 42.385.114,982 untuk hal-hal sebagai berikut :

  1. Sebesar Rp. 4.238.511,498 atau 10% dari Laba Bersih Perseroan atau  sebesar Rp. 1,37 persaham dibagikan sebagai dividen tunai kepada pemegang saham yang tercatat dalam daftar pemegang saham perseroan pada tanggal 7 Mei 2013 dan akan dibayarkan pada 22 Mei  2013.
  2. Sebesar Rp 847.702,300 atau 2 % dari Laba bersih Perseroan untuk Bina Lingkungan
  3. Sebesar Rp 1.271.553,449 atau 3 % dari Laba bersih Perseroan untuk Cadangan Umum
  4. Sebesar Rp 36.027.347,735 atau 85 % dari Laba bersih Perseroan dicatat sebagai Laba ditahan.
  5. Memberi kuasa dan wewenang kepada Direksi untuk mengatur jadwal dan tatacara pembayaran dividen tunai dimaksud dengan memperhatikan ketentuan dan peraturan yang berlaku

Agenda 4 :

Menyetujui

  1. Gaji Direktur Utama  per bulan (bersih) sebesar Rp. 62.500.000,- dengan ketentuan :
    1. Komposisi Gaji bagi Direksi lainnya dan Honorarium Komisaris Utama dan Komisaris sama dengan rumusan komposisi gaji/honorarirum pada tahun buku 2012.
    2. Pajak atas gaji/honorarium   menjadi beban perseroan dengan besaran sesuai dengan peraturan perundang-undangan.
    3. Tunjangan dan fasilitas lainnya sesuai dengan Peraturan Menteri Negara BUMN no PER-07/MBU/2010 tanggal 27 Desember 2010.
    4. Total tantiem bagi Direksi dan Dewan Komisaris untuk  Tahun Buku 2012 sebesar Rp. 1 365.000.000,- atau setara dengan 3,22 % dari laba bersih Perseroan tahun buku 2012 dengan ketentuan :
      1. Komposisi Gaji bagi Direksi lainnya dan Honorarium Komisaris Utama dan Komisaris sama dengan rumusan komposisi gaji/honorarium pada tahun buku 2012.
      2. Pajak atas tantiem  menjadi beban  yang besangkutan.

Agenda 5 :

  1. Menyetujui penunjukan  Kantor kuntan Publik Hendrawinata, Eddy dan Sidharta sebagai auditor yang akan mengaudit Laporan Keuangan Perseroan dan Laporan  Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL)  untuk tahun buku 2013.
  2. Melimpahkan kewenangan dan kuasa kepada Dewan Komisaris Perseroan untuk menetapkan honorarium Akuntan publik dan persyaratan lainnya sesuai ketentuan yanf berlaku.

Agenda 6 :

Menyetujui mengukuhkan pemberlakukan :

  1. Peraturan Menteri Negara BUMN nomor PER-12/MBU/2012 tanggal 24 Agustus 2012 tentang Organ Pendukung Dewan Komisaris dan Dewan Pengawas BUMN.
  2. Peraturan Menteri Negara BUMN nomor PER-15/MBU/2012 tanggal 25 September 2012 tentang perubahan atas Peraturan Menteri Negara BUMN nomor PER-05/MBU/2008 tentang pedoman umum pelaksanaan pengadaan barang dan jasa BUMN

Dengan masa transisi selambat-lambatnya 12 bulan terhitung sejak Keputusan RUPS ini.

Agenda 7 :

I. Dewan Komisaris

  1. Memberhentikan dengan hormat nama-nama tersebut di bawah ini sebagai anggota Komisaris Perseroan :

a. Sdr Supriyantoro         sebagai Komisaris Utama

b. Sdr Dumoly Pardede  sebagai Komisaris

c. Sdr Marzuki Abdullah  sebagai Komisaris Independen

terhitung sejak ditutupnya rapat ini dengan ucapan terima kasih atas pengabdiannya selama memangku jabatan tersebut

2.   Mengangkat nama-nama tersebut di bawah  ini sebagai anggota Komisaris     Perseroan :

a. Sdr Akmal Thaher       sebagai Komisaris Utama

b. Sdri Rina Moreta         sebagai Komisaris

c. Sdr Fajar Rahmat Zulkarnen  sebagai Komisaris Independen

terhitung sejak ditutupnya Rapat ini dan berakhir pada penutupan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan ke 5 (lima) setelah tanggal pengangkatannya, dengan tidak mengurangi hak Rapat Umum Pemegang Saham untuk memberhentikannya sewaktu-waktu sebelum masa jabatannya berakhir dengan memperhatikan ketentuan anggran dasar dan perundangan yang berlaku.

Sehingga Susunan Dewan Komisari Perseroan sebagai berikut :

a. Sdr Akmal Thaher     sebagai Komisaris Utama

b. Sdri Rina Moreta         sebagai Komisaris

c. Sdr Fajar Rahmat Zulkarnen  sebagai Komisaris Independen

d. Sdri Kustantinah   sebagai Komisaris Independen

II. Direksi

  1. Memberhentikan dengan hormat Sdr Djakfarudin Junus sebagai Direktur Utama terhitung sejak ditutupnya Rapat ini, dengan ucapan terima kasih atas segala seumbangan tenaga dan pikirannya selama memangku jabatan tersebut.
  2. Mengalihtugaskan jabatan Sdr Elfiano Rizaldi yang semula menjabat sebagai Direktur Riset dan Pemasaran, menjadi Direktur Utama Perseroan dengan masa jabatan yang bersangkutan meneruskan sisa masa jabatannya sesuai dengan keputusan Rapat Umum Penagang Saham Tahun Buku 2009 tanggal 27 Mei 2010.
  3. Perubahan nomenklatur Direksi sehingga susunan dan nomneklatur Direksi Perseroan menjadi sebagai berikut :

a. Sdr Elfiano Rizaldi                sebagai Direktur Utama

b. Sdr. John Guntar Sebayang sebagai Direktur Keuangan

c. Sdr Kosasih                           sebagai Direktur

d. Sdr Bambang Solihin Irianto sebagai Direktur

  1. Penetapan bidang tugas dan wewenang setiap anggota Direksi ditetapkan berdasarkan keputusan Direksi sebagaimana pasal 18 ayat (23) Anggaran Dasar Perseroan.

 III.  Memberi kuasa dengan hak substitusi kepada Direksi Perseroan untuk menyatakan kembali keputusan dari Rapat ini dalam Akta Notaris dan selanjutnya memberitahukan perubahan    susunan pengurus Perseroan tersebut kepada Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia    Republik Indonesia untuk dimasukkan dalam Daftar Perseroan dan untuk keperluan tersebut    berhak melaksanakan segala sesuatu yang diperlukan sehubungan dengan pemberitahuan    tersebut.

Bookmark the permalink.

Comments are closed.