Tanggungjawab Sosial Perusahaan/Corporate Social Responsibility 2016

Tanggungjawab Sosial Perusahaan / Corporate Social Responsibility (CSR) 2016

 

CSR1Selain pelaksanaan program PKBL, pengembangan sosial kemasyarakatan dari Perseroan juga diwujudkan melalui program-program filantropi yang diharapkan akan memberikan nilai tambah
bagi masyarakat. Sifat program ini merupakan sumbangan dana Perseroan dengan sumber pendanaan berasal dari internal Perseroan yang besarnya ditentukan oleh kebijakan Direksi. Selain melakukan pengembangan sosial kemasyarakatan, program bantuan ini diharapkan meningkatkan loyalitas masyarakat terhadap Perseroan dan senantiasa memberikan dukungan kepada Perseroan yang dikenal sebagai salah satu produsen obat generik terbesar di tanah air.

Di tahun 2016, sebagian besar program bantuan Perseroan disalurkan kepada bidang-bidang kehidupan yang memiliki peran penting dalam pengembangan kualitas kehidupan masyarakat, yaitu bidang pendidikan, kesehatan, lingkungan dan keagamaan. Program filantropi seperti bantuan dana kepada korban bencana alam rutin dilakukan, selain tentunya program bantuan pendidikan maupun pembangunan rumah ibadah dan kegiatan donor darah.

a. Tanggung Jawab Sosial Perseroan terkait lingkungan hidup.
“BUMN Hadir untuk Negeri” di Wonosobo

Pada Juli 2016 lalu sinergi BUMN kembali menggelar aksinya dengan menyelenggarakan peringatan hari jadi masing-masing BUMN pada bulan Juli secara bersama-sama di Wonosobo, Jawa Tengah. Acara yang bertajuk “Bersahabat dengan Alam, BUMN Hadir untuk Negeri di Wonosobo” tersebut digelar pada 29 – 30 Juli 2016. Ke-8 delapan BUMN yang bersinergi yaitu: PT Indofarma (Persero) Tbk, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT Aneka Tambang (Persero) Tbk, PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (Persero) atau TWC, PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero), Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia atau Jamkrindo, Perusahaan Umum Perumnas, dan PT Petrokimia Gresik (Persero).

Selama dua hari tersebut, ke-8 BUMN memeriahkan kota Wonosobo dengan serangkaian kegiatan antara lain menginisiasi pencanangan Carica Day, penyerahan 200 bibit Carica, penyerahan 800 paket sembako, serta memecahkan rekor MURI dengan mengkonsumsi Carica oleh 5.555 warga Wonosobo secara serentak pada 30 Juli 2016. Sinergi BUMN ini juga dilakukan dengan memberikan bantuan alat-alat pendukung pariwisata di Telaga Menjer, Wonosobo yang secara simbolis diserahkan oleh Menteri BUMN, Rini Soemarno kepada Bupati Wonosobo, Eko Purnomo. Biaya yang dikeluarkan Perseroan untuk kegiatan tersebut sebesar Rp128.698.250,-

b. Tanggung Jawab Sosial Perseroan terkait ketenagakerjaan, kesehatan dan keselamatan kerja.
Perseroan pada tahun 2016 telah melaksanakan kegiatan CSR terkait ketenagakerjaan, kesehatan dan keselamatan kerja antara lain sebagai berikut :
Ketenagakerjaan : Rp. 4.639.797.941
Kesehatan :
BPJS Kesehatan : Rp. 2.288.961.790
Biaya Kesehatan Swakelola : Rp. 5.308.313.190
Keselamatan Kerja : Rp. 55.780.500

c. Tanggung Jawab Sosial Perseroan terkait pengembangan sosial kemasyarakatan.
GEMPITA HUT KEMERDEKAAN RI DI JAMBI
Peringatan HUT Kemerdekaan ke-71 Republik Indonesia oleh Kementerian BUMN disebar penyelenggaraannya ke seluruh penjuru nusantara. Seluruh BUMN hadir di setiap kota dan Kabupaten di tanah air untuk mengadakan kegiatan-kegiatan bertema kerakyatan dan sosial sehingga dapat dirasakan manfaatnya langsung oleh masyarakat luas.
Perseroan bersama PT Jasa Raharja dan PT Perkebunan Nasional VI bersinergi di Provinsi Jambi selama empat hari, 14 – 17 Agustus 2016 lalu. Dimulai dari kegiatan senam massal dan jalan sehat yang dihadiri juga oleh Gubernur Provinsi Jambi, Zumi Zola.
Tidak hanya itu, kegiatan sosial berupa penjualan paket sembako murah dan cek kesehatan gratis juga mendapat antusiasme yang tinggi dari masyarakat Jambi. Pada puncak peringatan HUT Kemerdekaan RI, di tanggal 17 Agustus, diselenggarakan Upacara Peringatan Kemerdekaan RI di kantor pusat PTPN VI. Bertindak selaku Inspektur Upacara adalah Direktur Utama PT Jasa Raharja. Pada kesempatan itu diberikan beberapa apresiasi kepada pihak-pihak antara lain; bantuan sarana & prasarana air bersih dan MCK, bantuan bedah rumah veteran, “Siswa Mengenal Nusantara”, bantuan modal kerja kepada mantan atlet nasional, bantuan pembinaan desa tertinggal, bantuan tempat penitipan anak di pasar tradisional, dan bantuan sarana ibadah. Digelar pula lomba-lomba rakyat yang menjadi ciri khas HUT Kemerdekaan RI yang diselenggarakan di Markas Korem Garuda Putih, Jambi.
Biaya yang dikeluarkan perseroan untuk kegiatan tersebut sebesar Rp25.000.000,- Selain kegiatan tersebut, Perseroan pada tahun 2016 telah melaksanakan kegiatan CSR terkait pengembangan sosial kemasyarakatan.

d. Tanggung Jawab Sosial Perseroan terkait tanggung jawab terhadap konsumen.
Perseroan pada tahun 2016 telah melaksanakan kegiatan CSR terkait tanggung jawab terhadap konsumen antara lain dengan melakukan survei kepuasan pelanggan, melakukan tindaklanjut terhadap keluhan pelanggan hingga menarik produk dari peredaran jika ditemukan ketidaksesuaian kuantitas, penurunan kualitas dan keamanan produk pasca produksi.

Di tahun 2016, program bantuan Perseroan mampu menyerap dana hingga Rp375.374.450. Jumlah tersebut menurun 8,51% dari program bantuan tahun 2015 yang sebesar Rp410.300.000. Penurunan ini terjadi karena beberapa kegiatan bakti sosial dilaksanakan menggunakan biaya Unit PKBL.

= + =

Comments are closed.