Toll In Manufacturing

Toll In Manufacturing adalah permintaan produksi sesuai tahapan /bentuk sediaan  dari perusahaan lain yang bisa dipenuhi oleh perusahaan penerima toll in  karena masih tersedia kapasitas produksi berdasarkan perjanjian/kontrak. Hal tersebut disebabkan juga karena perusahaan pemberi toll in tidak memiliki fasilitas produksi produk bersangkutan atau karena kapasitas produksi tidak mencukupi serta tujuan lainnya adalah untuk mempercepat waktu tercapainya produk sampai ke pasar (time-to-market).

Keuntungan metode toll in manufacturing  ini bagi perusahaan penerima kontrak adalah bahwa penerima jasa manufaktur akan diijinkan untuk mengakses teknologi canggih yang mungkin sedang dipatenkan oleh pemberi kontrak, atau teknologi yang belum dipunyai oleh penerima kontrak. Sedangkan keuntungan bagi perusahaan pemberi kontrak adalah bahwa perusahaan dapat lebih mengkonsentrasikan kemampuan organisasinya pada peningkatan kompetensi dan pemasaran produknya. Hal tersebut dapat diatur dalam perjanjian kerjasama yang disepakati oleh kedua belah pihak.

Oleh karena hal tersebut , untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas biaya serta utilisasi kapasitas dari mesin dan sarana produksi yang telah dimiliki PT Indofarma (Persero) Tbk, Manajemen memberi kesempatan kepada pihak luar baik perusahaan farmasi maupun non farmasi dan lembaga lainnya untuk melakukan kerjasama produksi berupa toll in manufacturing.

PT Indofarma (Persero) Tbk telah berpengalaman dalam bisnis toll in manufacturing dan telah dipercaya dari beberapa perusahaan karena :

  1. Memiliki sertifikasi CPOB dan IOT,
  2. Memiliki SDM profesional yang terlatih dan berpengalaman,
  3. Memiliki mesin sesuai dengan perkembangan teknologi dan terkualifikasi,
  4. Memeliki metode produksi yang tervalidasi
  5. Memiliki sarana dan kapasitas yang memadai untuk skala produksi besar dan
  6. Memiliki Sistem Dokumentasi ISO 9000

Kerjasama toll in manufacturing di PT Indofarma (Persero) Tbk dapat terdiri dari :

  1. Toll in dalam bentuk fee atau jasa saja yang diterima oleh PT Indofarma (Persero) Tbk dalam hal ini material disediakan oleh perusahaan pemesan/pemberi toll in.
  2. Toll in dalam bentuk pembelian finished good (produk jadi) dalam hal ini perusahaan pemesan hanya perlu memberikan ROFO (Rolling Forecast) sedangkan penyediaan material dilakukan oleh perusahaan penerima Toll In.
  3. Dapat menyewakan mesin ekstrasi herbal dengan menggunakan tenaga operator dari PT Indofarma (Persero) Tbk.

Selama ini PT Indofarma (Persero) Tbk telah dipercaya untuk menerima toll in manufacturing dari beberapa perusahaan dalam bentuk produk sedian : ekstral kental, ekstrak kering, injeksi kering Cephalosporin dan sachet serbuk efervescent.

PT Indofarma (Persero) Tbk membuka kesempatan luas kepada perusahaan dan lembaga lain jika ingin bekerjasama produksi toll in manufacturing dalam bentuk/sediaan lain seperti sachet cair, sachet serbuk , botol, tablet, kapsul, salep ataupun injeksi cair.

Comments are closed.